Rabu, 15 Oktober 2014

Konfigurasi Access Point

Installasi Access Point
untuk melakukan konfigurasi jaringan wireless mode infrastruktur, semua PC yang akan dihubungkan dengan jaringan wireless harus memiliki wireless adaptor atau untuk laptop biasanya sudah dilengkapi dengan wireless adaptor dan diperlukan juga perangkat Access Point. Access point berfungsi sebagai hub/switch pada jaringan kabel, sehingga access point akan menjadi pusat dari jaringan wireless.

Memasang Access Point
Langkah-langkah untuk memasang perangkat Access Point, kali ini saya akan contohkan menggunakan Access Point D-Link DAP-1360.
Ada baiknya kita mencari tau dulu IP Default dari Access Point yang hendak kita setting, untuk Access Point type DAP-1360 ini bisa kita lihat pada stiker yang menempel di bagian bawah Access Point. untuk lebih jelasnya bisa di perhatikan seperti pada gambar di bawah ini:
perhatikan gambar di atas pada bagian yang diberi kotak warna kuning, di bagian tersebut terlihat ada IP Default dari Access Point. kalau misal Access point yang hendak kita setting pernah di setting dan kita lupa/tidak tau IP address/User dan Sandinya, maka kita bisa menekan tombol resset pada Access Point supaya segala pengaturan yang pernah di atur kembali ke Pengaturan dari Pabrik. untuk access point tipe ini, 
IP address nya adalah: 192.168.0.50 
netmask 255.255.255.0 
User: Admin
Password: (kosong)

- Nyalakan Access Point DAP-1360 hubungkan dengan komputer menggunakan kabel UTP, 
- Setting IP Address Komputer kita menyesuaikan IP dari Access Point
- masukkan IP Address Access Point pada Address Bar di Web Browser.
-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar