RAM (Random Access Memory)


RAM untuk Personal Computer (PC)
Bagi sebuah komputer, RAM (random access memory) merupakan sebuah komponen yang sangat penting, Tidak ada RAM sebuah komputer tidak bisa Menampilkan gambar (no display). Beberapa fungsi RAM adalah sebagai berikut:
sebagai tempat penyimpanan data yang dibutuhkan processor untuk menjalankan perintah user ketika akan menjalankan suatu aplikasi. Penyimpanannya bersifat sementara, artinya data yang tersimpan dalam RAM akan hilang jika komputer off/mati. Data dapat diakses secara acak atau random.
Mempercepat pemprosesan data pada komputer. Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki, semakin cepat proses kerja komputer.
Beberapa Jenis RAM yang saya ketahui dari searching dan membaca adalah SRAM, EDORAM SDRAM, DDRAM, dam RDRAM, namun yang saya pernah liat sampai saat saya menuliskan ini adalah dari generasi EDORAM, SDRAM, dan DDRAM.
Untuk penjelasan singkatnya adalah sebagai berikut.
·      SRAM (Static RAM)
Memory yang terdiri dari kumpulan Flip-Flop
·      EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory)
Memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan RAM biasa.
Slot memory untuk EDORAM adalah 72 pin.
Bentuk EDORAM yaitu single inline Memory Modul (SIMM). Nomer urut pin antara sisi satu dan sisi yang lainnya tidak berkelanjutan. Misalnya sisi yang satu nomer pin 1 – 72 maka sisi yang lainnya juga bernomor 1 – 72.
Memiliki kecepatan lebih dari 66 MHz


Gambar EDORAM

·      SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory)
SDRAM : Synchronous Dynamic Random Access Memory merupakan sebuah jenis memori komputer dinamis yang digunakan dalam PC dari tahun 1996 hingga 2003. SDRAM juga merupakan salah satu jenis dari memori komputer kategori solid-state.
SDRAM, pada awalnya berjalan pada kecepatan 66 MHz untuk dipasangkan dengan prosesor Intel Pentium Pro/Intel Pentium MMX/Intel Pentium II, dan terus ditingkatkan menjadi kecepatan 100 MHz (dipasangkan dengan Intel Pentium III/AMD Athlon), hingga mentok pada kecepatan 133 MHz (dipasangkan dengan Intel Pentium 4 dan AMD Athlon/Duron). Popularitasnya menurun saat DDR-SDRAM yang mampu mentransfer data dua kali lipat SDRAM muncul di pasaran dengan chipset yang stabil.
Ciri-Ciri SDRAM:
1.      Memiliki dua Pembatas pin-pin
2.      Jumlah pin per-sisi 84. Jadi jumlah semuanya 168.
3.      SDRAM termasuk dalam bentuk/jenis DIMM (Dual Inline Memory Modul)
Dimana nomer urut pin antara sisi yang satu dan sisi lainnya berlanjut. Misal sisi yang satu 1 – 84 maka sisi yang lainnya dari nomor 85 – 168.


Gambar SDRAM

·      DDRAM
DDRAM (Double Data Rate Random Access Memory) :
Slot memory untuk DDRAM adalah setiap sisi 92 Pin jadi semuanya berjumlah 184 pin. (DDR1)
Jumlah pin setiap sisi 120 jadi total 240 pin (DDR2 dan DDR3)
Bentuk DDRAM adalah Dual Inline Memory Modul (DIMM)
Memiliki kecepatan sangat tinggi hingga 1033 Mhz
Sudah banyak digunakan untuk computer dengan processor Pentium 4. DDRAM dalam satu clock bisa mengantarkan 2x (doble).

Gambar DDR 1
 Gambar DDR 2


Gambar DDR 3


·      RDRAM (Rembus Dynamic Random Access Memory)
Rambus DRAM (RDRAM) adalah RAM yang dikembangkan oleh RAMBUS, Inc., Pengembangan ini menjadi polemik karena Intel berusaha memperkenalkan PC133MHz. RDRAM ini memiliki jalur data yang sempit (8 bit) tapi kinerjanya tidak dapat diungguli oleh DRAM jenis lain yang jalur datanya lebih lebar dari RDRAM yaitu 16 bit atau bahkan 32 bit. Hal ini karena RDRAM ini memiliki Memory Controller yang dipercanggih. Tentunya hanya motherboard yang mendukung RAMBUS saja yang bisa memakai DRAM ini, seperti MotherBoard untuk AMD K7 Athlon. Akan tetapi, RAM jenis ini dipakai oleh 3dfx, Inc., untuk mempercepat proses penggambaran objek 3 dimensi yang penuh oleh poligon. Contoh produk yang memakainya adalah 3dfx seri Voodoo4.
 Gambar RDRAM

RAM untuk Notebook / Netbook
RAM untuk Notebook/Netbook bisanya di kenal dengan nama SODIM. Selain bentuk yang berbeda dengan RAM untuk PC adalah sama. Fungsi sama dengan RAM untuk PC.


Gambar SODIM DDR1
Gambar SODIM DDR2


Gambar SODIM DDR3

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar